Manfaat coklat untuk ibu hamil ini ternyata sangat banyak, maka dari itu bagi Anda para ibu hamil sangat disarankan untuk memasukkan coklat ke dalam daftar menu makanan harian pada masa kehamilan.

Selama tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Coklat tidak akan membahayakan kesehatan janin didalam kandungan Anda.

Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi coklat saat sedang hamil, selama tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Maka coklat ini tidak akan membahayakan kesehatan janin yang ada didalam kandungan Anda.

Justru sebaliknya, ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan apabila mengkonsumsi coklat pada masa kehamilan. Selain bisa merangsang hormon bahagia, coklat juga bisa membantu Anda untuk merasa lebih rileks serta tenang, jadi Anda pun akan terhindar dari stres di masa kehamilan.

manfaat coklat untuk ibu hamil 1

Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ini 8 Manfaat Coklat Untuk Ibu Hamil

  1. Membuat Mood Tetap Terjaga

    Sudah bukan rahasia lagi apabila wanita yang sedang hamil, mood nya akan naik turun seperti roller-coaster. Suasana hati mereka akan selalu berubah-ubah jadi tak heran apabila kebanyakan dari mereka lebih sensitif dibandingkan sebelum hamil.

    Ini tidak boleh dibiarkan, emosi yang tidak stabil dari ibu hamil akan berdampak buruk bagi tumbuh kembang si janin.

    Nah, untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi coklat. Coklat akan sangat membantu didalam menaikan suasana hati Anda. Cukup dengan mengkonsumsi coklat 3 kali dalam seminggu maka itu sudah sangat membantu membuat Anda menjadi lebih bahagia.

  2. Membuat Bayi Menjadi Lebih Bahagia

    Ketika ibu hamil stres maka janin yang ada didalam kandunganya pun akan merasakan hal yang sama. Hal ini pastinya tidak akan baik untuk tumbuh kembang janin Anda sehingga untuk itu sebisa mungkin hindarilah stres selama masa kehamilan.

    Salah satu cara menjaga agar kita terhindar dari rasa stres ini adalah dengan mengkonsumsi coklat. Menurut penelitian mengatakan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi beberapa gram coklat dalam sehari maka resiko terkena stres sangatlah kecil.

  3. Coklat Kaya Akan Antioksidan

    Selain rasanya yang enak, coklat juga kaya antioksidan yang mana zat ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Antioksidan yang terdapat didalam coklat bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita sehingga tubuh Anda pun akan menjadi lebih kuat didalam menangkal penyakit.

    Dengan begitu maka kesehatan Anda dan si janin akan selalu terlindungi.

  4. Meningkatkan Respon Bayi

    Selain antioksidan, coklat juga mengandung phenythylamin. Nah phenythylamin ini bukan saja baik untuk ibu hamil tetapi juga bagus untuk janin yang ada didalam kandungan Anda. Nutrisi tersebut bisa membantu meningkatkan respon si bayi, baik itu saat didalam masa pertumbuhan atau ketika nanti dilahirkan.

    Hebat kan manfaat coklat untuk ibu hamil?

  5. Mencegah Preklamsia

    Perklamsia adalah merupakan suatu gangguan kehamilan yang menyebabkan tekanan darah tinggi disepanjang masa kehamilan. Kondisi ini sangatlah berbahaya untuk kesehatan Anda dan janin yang ada didalam kandungan Anda, apabila dibiarkan maka bisa saja hal ini menyebabkan kelahiran premature.

    Anda pasti tidak mau bukan apabila ini terjadi pada Anda ? nah, untuk itu cobalah mengkonsumsi coklat. Dengan mengkonsumsi coklat maka Anda akan menjadi lebih tenang dan santai sehingga resiko untuk terkena preklamsia sangatlah kecil.

  6. Membuat Tekanan Darah Normal

    Tekanan darah adalah salah satu hal yang harus dijaga ketika kita sedang didalam masa kehamilan. Apabila tekanan darah kita tidak stabil selama masa kehamilan maka itu sangat beresiko terhadap kesehatan janin yang ada didalam kandungan, bahkan besar kemungkinan Anda akan melahirkan bayi yang cacat

    Salah satu cara membuat tekanan darah agar selalu normal selama masa kehamilan adalah dengan mengkonsumsi coklat. Kandungan yang terdapat didalam coklat akan membuat Anda merasa lebih tenang dan rileks. Apabila tubuh terasa rileks dan kita merasa bahagia maka tekanan darah pun akan bisa tetap stabil.

  7. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

    Mengkonsumsi coklat saat hamil juga bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung pada janin. Dengan begitu ketika melahirkan nanti maka Anda bisa mendapatkan bayi yang sehat dan normal.

  8. Menurunkan Berat Badan

    Kelihatannya agak sulit dipercaya kalau coklat bisa menurunkan berat badan ibu hamil. Tapi kalau mengkonsumsi coklat yang tidak mengandung lemak dan gula atau coklat hitam yang rendah lemak dan gula, justru bisa menurunkan berat badan. Makan coklat dengan cara yang benar akan membantu menurunkan berat badan karena pencernaan ibu hamil menjadi lebih nyaman.

Cara Memilih Coklat yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Jika ingin manfaat coklat untuk ibu hamil, sebaiknya pilih jenis coklat yang paling aman untuk ibu hamil. Pada dasarnya ada beberapa jenis coklat yang bisa ditemukan di toko dengan mudah, tapi kebanyakan coklatnya mengandung lemak dan gula.

Nah maka dari itu, sebelum memilih coklat sebagai snack atau camilan, ikuti beberapa langkah cara memilih coklat yang mempunyai manfaat coklat untuk ibu hamil agar sehat:

  1. Hindari Coklat Olahan

    Coklat olahan adalah salah satu jenis coklat yang sangat dilarang untuk ibu hamil. Coklat olahan yang biasanya banyak ditemukan dalam berbagai jenis camilan ringan bisa menyebabkan bahaya bagi janin dan ibu hamil.

    Salah satu sebabnya adalah kemungkinan olahan coklat yang tidak bersih yang dapat meningkatkan infeksi bakteri untuk janin dan ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi coklat yang diolah menjadi bentuk coklat murni dengan campuran kacang atau permen.

  2. Pilih Coklat Berwarna Gelap

    Bagi ibu hamil juga harus menghindari semua jenis coklat yang telah mengalami tahap pelepasan warna. Beberapa jenis coklat ini seperti coklat putih atau coklat berwarna lain harus dihindari. Bagi ibu hamil disarankan untuk makan coklat gelap atau coklat hitam.

    Coklat hitam mengandung gizi ibu hamil yang sangat penting untuk ibu hamil seperti zat besi, magnesium, antioksidan dan theobromin. Bahkan manfaat coklat untuk ibu hamil juga ditemukan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

  3. Coklat Rendah Gula dan Lemak

    Bagi ibu hamil juga sangat disarankan untuk makan coklat murni yang tidak ditambah dengan gula pasir atau bahan pemanis lain. Coklat yang telah diolah dengan bahan pemanis dan lemak bisa meningkatkan obesitas dan gangguan metabolisme untuk janin dan ibu hamil.

  4. Batasi Konsumsi Coklat Selama Kehamilan

    Salah satu masalah lain yang banyak diragukan dalam coklat adalah kandungan bahaya kafein bagi ibu hamil. Ibu hamil wajib menjaga asupan kafein dengan batas maksimal 200 mg setiap hari.

    Ketika ibu hamil ingin makan coklat gelap maka ketahui kandungan kafein dalam coklat tersebut. Dalam setiap 100 gram coklat hitam mengandung sekitar 40 mg kafein. Jadi, pastikan ibu hamil tidak makan coklat berlebihan karena kafein bisa mengganggu sistem kerja tubuh ibu hamil dan janin.

    Coklat mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil tetapi meskipun begitu bukan berarti Anda boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Jangan konsumsi coklat kalau Anda memiliki penyakit diabetes atau obesitas karena hal ini akan membahayakan kesehatan Anda dan janin.

 

Jadi, amankah coklat untuk ibu hamil? Coklat hitam sangat aman untuk ibu hamil dan membantu tubuh ibu hamil agar tetap santai. Selain itu coklat juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Namun tetap harus memperhatikan berbagai larangan yang berhubungan dengan coklat selama kehamilan.

Pastikan untuk mengkonsumsi coklat yang aman untuk ibu hamil sehingga terbebas dari berbagai resiko buruk.

Demikian informasi mengenai 8 Manfaat Coklat Untuk Ibu Hamil. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda para ibu hamil yang bertanya-tanya apakah selama masa kehamilan boleh makan coklat atau tidak. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan Anda. Terima kasih.

Simak 8 Manfaat Coklat Untuk Ibu Hamil
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *