Mungkin saja beberapa dari kita belum juga sangat tahu mengenai mathkota dewa, meskipun namanya seringkali kita dengar. Mahkota dewa dapat diketemukan ditanam di pekarangan jadi tanaman hias atau di kebun-kebun jadi tanaman peneduh. Asal tanaman mahkota dewa masih tetap belum juga di ketahui. Beberapa orang yang memprediksi tanaman ini populasi aslinya dari tanah Papua. Irian Jaya. Hal semacam ini karna nama ilmiahnya yaitu Phaleria papuana.

Manfaat Mahkota Dewa

Faedah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan : Menangani Gatal Serta KankerDi sana memanglah dapat diketemukan tanaman ini. Mahkota dewa adalah tanaman perdu menahun. Bisa tumbuh subur di tanah yang gembur serta subur di ketinggian 10-1200 m dibawah permukaan laut. Batangnya bulat, dengan permukaannya yang kasar, warnanya cokelat, berkayu serta bergetah, tinggi pohon sekitaran 1-1. 5 mtr.. Daun bertangkai pendek dengan ujung serta pangkal runcing, namun tidak bergerigi atau rata, permukaan licin, warnanya hijau tua. Mahkota dewa bisa berbunga selama th., letaknya menyebar di batang atau ketiak daun, bentuk tabung, memiliki ukuran kecil, berwarna putih serta harum. Buah memiliki bentuk bulat serta kecil dengan permukaan licin, beralur.

Pada buah muda berwarna hijau serta merah sesudah masak. Daging buah berwarna putih, memiliki serat, serta berair. Biji berupa bulat serta keras, berwarna cokelat. Berakar tunggang serta berwarna kuning kecokelalan. Bila kita menginginkan perbanyak tumbuhan ini bisa dikerjakan dengan mencangkok batangnya atau menanam dengan bijinya.

Nama daerah untuk mahkota dewa yaitu Simalakama (Melayu), Makutadewa, Makuto mewo, Makuto ratu, Makuto rojo (Jawa). Sedang nama asingnya yaitu Simplisia phaleriae Fructus (buah mahkota dewa). Buah mahkota dewa bisa bermanfaat mengobati gatal (antipruritus) serta antikanker. Namun, biji tanaman ini beracun.

Bagaimana penggunaan tanaman obat ini?

Sisi yang dipakai jadi obat yaitu daun, daging, serta kulit buah. Daun serta kulit buahnya bisa dipakai saat fresh, sedang daging buahnya dipakai sesudah dikeringkan.

Apa rahasia dibalik faedah serta manfaat mahkota dewa?

Senyawa yang terdapat didalamnya yaitu senyawa lignan yang termasuk juga dalam kelompok polifenol serta senyawa syringaresinol. Diluar itu mahkota dewa memiliki kandungan antihistamin, alkaloid, saponin, serta polifenol (lignan). Kulit buah memiliki kandungan alkaloid, saponin, serta flavanoid.

Manfaat Mahkota Dewa: Mengatasi Gatal Dan Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *