Ayam merupakan jenis hewan yang paling banyak diternak di Indonesia. Selain karena perawatannya yang mudah dan pakannya yang murah, beternak ayam juga menghasilkan untung yang lumayan besar karena hampir semua bagian tubuhnya laku terjual mulai dari telur, daging hingga organ dalam seperti usus, hati maupun ampela. Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis ternak ayam namun belum begitu paham dengan makanannya, berikut ini akan diuraikan mengenai jenis-jenis pakan ternak ayam yang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

1. Jagung

Biji-bijian yang satu ini memang sudah sangat terkenal dengan sebutan pakan unggas. Tak hanya burung saja, ayam juga suka diberi makan dengan jagung. Jenis jagung yang digunakan untuk pakan ternak ayam sendiri yaitu jagung kuning, karena jagung jenis ini mengandung sumber energi yang paling banyak di antara jenis jagung lainnya sehingga ayam ternak tak hanya sehat tetapi juga bisa gemuk.

2. Dedak

Nama pakan ternak ayam yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga para peternak yang masih pemula sekalipun. Dedak sendiri bagus digunakan sebagai pakan ternak ayam karena mengandung banyak energi dan serat sebesar 12% dari seluruh kandungan yang ada di dalamnya. Pakan yang berasal dari olahan padi ini juga memiliki harga yang murah jika dibandingkan dengan bahan pakan yang lain.

3. Onggok

Jika dedek terbuat dari padi, maka onggok dibuat dari limbah singkong. Meskipun tidak seterkenal jagung dan dedek, onggok juga memiliki kandungan energi yang sangat berguna untuk ternak ayam. Akan tetapi, jenis makanan ini lebih baik digunakan untuk selingan saja atau dalam arti lain digunakan paling tidak satu kali makan dalam sehari.

Anda yang masih peternak pemula, tidak usah khawatir dengan lokasi untuk membeli pakan ternak ayam yang telah disebutkan di atas karena pakan tersebut sudah pasti dijual di toko bahan-bahan ternak unggas. Namun, jika Anda ingin lebih hemat, pakan tersebut juga bisa dibuat sendiri di rumah asalkan Anda mau menyiapkan bahan-bahan dan alatnya.

Pakan Ternak Ayam yang Ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *