Hari pernikahan adalah hari yang sangat istimewa bagi setiap pasangan, khususnya mempelai wanita. Oleh karena itu, pada hari itu setiap wanita ingin tampil sesempurna mungkin. Salah satu hal yang menjadi faktor penentu penampilan adalah pakaian dalam hal ini kebaya pengantin. Sebelum menentukan kebaya tentu kamu sudah mememilih cincin tunangan terlebih dahulu karena cincin juga termasuk barang yang sangat penting dalam pertunangan maupun pernikahan. Setelah memilih cincin tunangan tentu harus memilih cincin kawin sebagai cincin untuk pernikahan nantinya. Memang cincin sudah menjadi lambang cinta sehingga dalam tunangan maupun pernikahan harus selalu ada.

Semakin bagus dan menarik kebayanya tentu semakin mahal pula harganya. Jika budgetnya terkuras hanya untuk pakaian maka akan berpengaruh ke biaya pernikahan lainnya. Oleh sebab itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips memilih kebaya pengantin yang sesuai dengan budget Anda.

1. Tentukan Budget

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih kebaya pengantin adalah berapa budget atau dana yang Anda siapkan untuk pakaian. Semakin tinggi budgetnya semakin beragam alternatif yang bisa Anda jadikan pilihan. Antara lain:

– Kebaya Sendiri
Jika Anda punya budget yang besar untuk pakaian, sebaiknya Anda mengenakan kebaya baru dan milik sendiri. Anda bisa memesan sendiri kepada desainer dan bisa menentukan setiap detail kebaya tersebut mulai dari model, warna, jenis kain/bahan, dan hiasan pada kebaya tersebut. Walaupun agak mahal, namun Anda bisa menggunakan kebaya tersebut sebagai kenangan hari istimewa Anda ataupun menyimpannya untuk anak-anak Anda kelak.

– Kebaya Sewa
Jika Anda memilih untuk mengenakan kebaya sewa di hari pernikahan Anda, ada dua alternatif yang bisa dipilih. Pertama, menyewa kebaya baru. Artinya, kebaya tersebut memang di sewa tetapi kebaya tersebut belum pernah dipakai orang lain atau dengan kata lain Anda adalah orang yang pertama kali memakai kebaya tersebut. Menyewa kebaya baru tentu saja agak lebih mahal dari kebaya sewa biasa. Kedua, kebaya sewa biasa. Artinya, Anda menyewa kebaya yang sudah tersedia di tempat penyewaan dan biasanya sudah dipakai atau disewa juga oleh orang lain. Oleh karena itu budget untuk kebaya sewa biasanya jauh lebih murah dari pada memakai kebaya sendiri atau menyewa kebaya baru.

2. Tentukan Model dan Warna
Untuk tampil menawan di hari pernikahan, sebaiknya Anda memilih kebaya dengan hati–hati. Beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan model dan warna kebaya.

– Model Kebaya
Jangan terkecoh dengan model kebaya terbaru tapi pastikan kebaya yang Anda gunakan nyaman dan sesuai dengan postur tubuh Anda. Jika Anda memiliki postur tinggi, Anda bisa memakai kebaya panjang dengan model menyapu lantai, tetapi jika memiliki postur tubuh pendek sebaiknya memakai kebaya dengan bawahan agak pendek (memperlihatkan kaki) yang dapat menimbulkan kesan Anda lebih tinggi.

– Warna
Untuk pilihan warna kebaya, sebaiknya sesuaikan dengan warna kulit Anda. Jika warna kulit Anda agak gelap atau sawo matang sebaiknya memilih warna kebaya dengan warna yang agak terang tetapi tidak terlalu mencolok. Jika memang memiliki percaya diri yang tinggi tidak ada salahnya memilih pakaian yang sedikit mencolok.

Nah, demikianlah beberapa tips memilih kebaya untuk dikenakan di hari istimewa pernikahan Anda. Jangan lupa untuk mengatur keuangan Anda, karena setelah menikah untuk menjalani kehidupan berkeluarga tentu akan lebih mahal dan selalu jaga cincin nikah sebagai tanda kamu memang mencintai pasanganmu  Semoga bisa bermanfaat dan memberi inspirasi untuk menentukan pilihan Anda.

Tips Memilih Kebaya Pernikahan Terbaik Agar Anda Tampil Cantik di Hari Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *